Sabtu, 15 Oktober 2016

TEAM WORK

TEAM WORK


TEAM = Team Work, Excellence, Achieving dan Moving Forward.
Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa teamwork adalah salah satu kunci yang kokoh untuk meraih kesuksesan dalam sebuah tim. Saat seorang individual memiliki kemampuan yang luar biasa, memang ada peluang untuk meraih kemenangan atau kesuksesan. Namun kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Walau kecil kekurangan yang kita miliki, tetap kita butuh orang lain untuk melengkapi kekurangan kita. Oleh karena itu, TIM menjadi media pembentukan rasa saling percaya, rasa saling membutuhkan, penghancur keegoisan dalam diri.
Team work bisa diartikan kerja tim atau kerjasama, team work atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling populer di tim.
Excellence bisa diartikan prima, unggul atau keunggulan yang dapat diartikan sebagai hasil atau output dari proses yang sistematik dan sah atau legal untuk mendapatkan dan menganalisa informasi mengenai pesaing bisnis yang telah ada dan potensial. Outputnya mungkin terdiri atas rencana atau pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing, fokus mereka, kegiatan atau program yang sedang dijalankan. Keunggulan juga mungkin terdiri atas penilaian akan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pesaing serta identifikasi peluang serta hambatan secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan yang baik.
Achieving bisa di artikan capai atau mencapai target, yang bisa diartikan keinginan atau tekad untuk bekerja dengan lebih baik atau melampaui standart prestasi atau target, standart tersebut bisa berupa prestasi diri sendiri dimasa lampau, ukuran yang obyektif yang melebihi orang lain, sasaran yang menantang atau sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh orang lain. Hal ini bisa menjadi dorongan untuk bertindak lebih baik dan efisien.
Moving Forward dapat diartikan bergerak terus-menerus atau melangkah lebih maju kedepan, bisa juga dijabarkan sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus-menerus pada suatu pekerjaan atau usaha tertentu yang bertujuan untuk melangkah lebih maju dan lebih baik dari saat ini. Langkah-langkah untuk menjadi maju, selangkah lebih maju dengan yang lain ( kompetitor ) adalah sangatlah penting dalam suatu perusahaan sehingga bisa terciptakan perusahaan yang dinamis dan mampu mengikuti tren perubahan jaman. Setiap bidang pekerjaan yang geluti pastinya mengikuti kemajuan perubahan jaman maka kita harus siap dengan perubahan tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar