Jumat, 07 Oktober 2016

Perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

     Di era digital saat ini rasanya sudah tidak asing dengan hal-hal yang berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi informasi. Nah dalam artikel kali ini, penulis akan menjabarkan pengertian sistem informasi dan juga pengertian dari teknologi informasi. Selain itu juga, penulis akan memberikan beberapa perbedaan dari SI dan TI, serta sejarahnya.
    Pertama penulis akan membahas apa itu teknologi informasi? Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Di lain sisi, Sistem Informasi sendiri ialah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.  Sistem informasi juga adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi. Contoh dari sistem informasi, yaitu: 
1. Sistem reservasi penerbangan, digunakan dalam biro perjalananuntuk melayani pemesanan/pembelian tiket.
2.    Sistem POS (Point Of Sale) yang diterapkan di pasar swalayandengan dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data.
3.  Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswamemperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil padatiap semester.
4.     Sistem penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.
5.   Sistem smart card yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien.

Sejarah SI dan TI
   Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa sendiri dapat dikatakan sebagai teknologi. Kemudian teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Berkembang lagi dengan ditemukannya alfabet dan angka arabik. Seiring berputarnya jaman, teknologipun berkembang dengan pesat. Yang kemudian teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi yang masih dipakai sampai saat ini seperti radio, televisi, komputer, handphone, dan lain-lain yang mengakibatkan informasi dapat berjalan jauh lebih cepat, efektif, efesien, serta menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Perbedaan SI dan TI
Usai membahas apa Sistem Informasi dan apa itu Teknologi Informasi, kini penulis merangkum apa perbedaan SI dan TI. Teknologi Informasi atau biasa dikenal juga Information technology (IT) ialah bidang yang lebih berfokus ke pembuatan program dengan segala bahasa pemrograman dan segala algoritam pemrograman sehingga dapat menghasilkan program yang bermanfaat bagi yang mebutuhkan bahkan bagi dunia. Sedangkan Sistem Informasi lebih ke dalam basis data (database) dan juga analisis pemrograman. Yang dimana saat program hasil orang IT telah selesai akan di analisis oleh orang yang berada dalam bidang sistem informasi, apakah program tersebut sesuai dengan permintaan client atau masih perlu diubah. Sekian pendapat penulis mengenai perbedaan SI dan TI. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau ada hal-hal yang perlu ditambahkan silahkan comment positif. Terima kasih.


26 komentar:

  1. bagus nih buat yg baca jadi paham , ggwp

    BalasHapus
  2. nice info, thanks muafa keep writing!

    BalasHapus
  3. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  4. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  5. keren bgt bro artikel ttg si dan tinya, makasih ya

    BalasHapus
  6. informasi yang diberikan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  7. makasih infonya brooo

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat bagus dan mudah dipahami, terima kasih infonya (y)

    BalasHapus
  9. Nice info bang... Keep your good work!

    BalasHapus
  10. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  11. terimakasihh artikelnya sangat bermanfaat(y)

    BalasHapus
  12. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  13. ah copas ini mah udh bnyk di gugel

    BalasHapus