Sabtu, 05 November 2016

Inovasi Teknologi Masa Depan

TREND TEKNOLOGI MASA DEPAN


 Pada pembahasan kali ini, penulis akan memberikan beberapa informasi terkain teknologi yang akan hadir di masa depan. Adapula yang kini sudah ada namun masih dalam tahap perkembangan. Berikut teknologi yang akan hadir di masa depan dan teknologi yang sedang dalam tahap pekembangan demi kemajuan umat manusia:

     1.     Mesin waktu dan pengambilan gambar dari objek yang samar

7 Teknologi Masa Depan Tercanggih
Lockheed Martin dan universitas Arizona sedang membuat super-sensitive Near Infrared Camera atau disingkat NIRCam dengan harapan kedepannya kita akan dapat mengambil gambar di waktu dini hari. NIRCam akan diluncurkan di muka publik di pameran The James Webb Space Telescope pada bulan oktober 2018. Sistem NIRCam bekerja dengan mendeteksi cahaya menggunakan coronagraphs yaitu sebuah alat yang dapat memungkinkan para ahli astronomi untuk mengambil gambar dari objek yang samar-samar yang di sekelilingnya terdapat objek yang terang sehingga NIRCam dapat menciptakan gambar yang cukup detil dari bintang fajar dan galaksi pada saat proses pembentukannya.
Cara kerja coronagraph NIRCam mirip seperti cara kita melindungi mata dari matahari hanya saja tanpa mengharuskan tangan kita terangkat di atas mata kita. Hal tersebut tentu saja membuat pandangan kita lebih fokus pada objek yang dilihat. Melalui spectrometer (filter khusus) kita akan mudah untuk mengerti tentang banyaknya cahaya yang masuk seperti komposisi kimia. Bahkan kita juga dapat melihat bagaimana terbentuknya sebuah awan dari awal pembentukannya yang masih berupa gas. Fenomena tersebut memberikan tambahan informasi bagi dunia science untuk memanfaatkan NIRCam sebagai alat untuk mengetahui bagaimana awal terbentuknya alam semesta.
NIRCam akan membantu kita untuk mengenai unsur atau zat yang gelap dan energi gelap yang mana di masa sekarang ini luput dari teleskop. Selain itu NIRCam juga dapat membantu kita untuk memahami bagaimana prinsip ruang dan waktu bekerja. Waktu bekerja dalam satu arah, namun struktur ruang tidak muncul untuk menjadi jalannya waktu, dalam arti lain ketika waktu berjalan meninggalkan masa lalu maka kita tidak dapat melihat jejaknya. Namun dengan hadirnya NIRCam diharapkan kita semua dapat melihat jejak dari perjalanan waktu, mungkin seperti teropong waktu yang dapat melihat masa lalu kita. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa berjelajah dengan mesin waktu.  
          Kita dapat melihat banyak teknologi canggih dalam film Star Trek dan saya merasa NIRCam adalah salah satu perwujudan dari teknologi yang ditampilkan dalam film tersebut. Data yang diperoleh NIRCam dapat memberikan efek yang cukup besar bagi dunia, tidak hanya bagi kosmologis yang belajar tentang penciptaan alam semesta, namun juga bagi agama dan kepercayaan manusia. Dengan memahami asal-usul alam semesta maka kita akan mudah untuk menjelaskan segala jenis fenomena yang tidak kita ketahui di masa sekarang ini.

     2.      Organ Tubuh yang Dapat di Cetak

Sekarang, kita telah berada pada kondisi titik balik yang memungkinkan kita untuk mencetak jaringan organ dalam tubuh manusia dalam bentuk bioprint 3 dimensi yaitu sebuah proses yang melibatkan endapan bio-ink yang terbuat dari sel-sel berbentuk lembaran. Proses tersebut menghasilkan jaringan hidup dari tubuh manusia yang digunakan dalam lab. Jaringan tersebut pastinya lebih baik digunakan untuk memprediksi fungsi dari obat-obatan tertentu dibandingkan hewan sebagai bahan percobaan. Untuk jangka panjang, 3D bioprint memiliki potensi untuk mencetak orang-organ tubuh manusia seperti ginjal, hati dan jantung. Per tahun 2020, para ilmuwan memiliki tujuan untuk memiliki teknologi yang dapat digunakan oleh banyak perusahaan farmasi sehingga menghasilkan analisis yang tepat dan lebih aman untuk obat-obatan yang lebih baik. Selain itu juga dapat meminimalisir kegagalan dalam uji klinis.


3.     Lahan pertanian mengapung




20 Teknologi Yang Akan Hadir Di Masa DepanPBB memprediksi akan ada lebih dari dua juta orang di dunia pada tahun 2050, hal tersebut menuntut kita untuk membuat bahan pangan 70 persen lebih banyak dari sekarang. Pada saat itu, 80 persen penduduk dunia lebih banyak tinggal di kota  sehingga kebanyakan bahan makanan yang ditanam di wilayah urban akan dibawa masuk ke kota. Namun bagaimana nasib para penduduk yang tinggal di daerah pantai atau dekat laut dan orang-orang yang tinggal di daerah danau pedalaman? Tentunya mereka akan kekurangan bahan makanan. 
        Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena arsitek Javier Ponce dari Forward Thinking Architecture menunjukkan kreasinya akan sebuah lahan yang dibangun di atas perairan dengan tiang-tiang tinggi setinggi 24 meter dan menjulang struktur panel surya di atasnya sebagai penyedia energy matahari. Di deretan tengah lahan buatan tersebut akan ditanami sayuran dengan luas area 51.000 meter persegi. Untuk media tanamnya sendiri bukan menggunakan tanah melainkan nutrisi yang berbentuk cair. Nutrisi dan bibit tanaman akan dijatuhkan ke bawah lapisan untuk memberi makan ikan yang akan dibudidayakan dalam ruang tertutup. Hal tersebut menciptakan dua fungsi yaitu sebagai lahan pertanian sayuran dan peternakan ikan.









Sumber:
http://www.hometekno.com/2015/12/teknologi-masa-depan.html
http://www.hometekno.com/2015/11/teknologi-masa-depan-2020.html
http://www.hometekno.com/2015/11/teknologi-masa-depan-tercanggih.html


12 komentar:

  1. mantap!! moga2 bisa terwujud di masa depan biar berkah aamiin!

    BalasHapus
  2. mantaap, nice info. lanjutkan barkarya..!!

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. Infonya sangat bermanfaat! Thanks for sharing

    BalasHapus
  5. Alig lah NIRcam bisa kalo beneran dipake buat mempelajari materi gelap dan energi gelap, lebih alig lagi bisa merekam jejak waktu... mungkin ke depannya bisa dipake buat mengungkap kasus korupsi (゜-゜)
    Nais artikel Muafa ^_^ semoga Muafa bisa ikut berkontribusi memberi inovasi di masa depan yaa

    BalasHapus
  6. nice Artikel, ditunggu artikel hebat berikutnya :)

    BalasHapus
  7. Wahh keren yaa teknologi masa depan, artikelnya bagus dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  8. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus
  9. Makasih infonya gan bermanfaat banget

    BalasHapus